Ayo Waspada Terhadap Penyakit Musiman yang Mudah Menyerang Tubuh!

  • Whatsapp
Bersama-SehatQ-Ayo-Waspada-Terhadap-Penyakit-Musiman-yang-Mudah-Menyerang-Tubuh
Foto dari Canva Pro

Indonesia yang berada di iklim tropis membuat cuaca cenderung selalu panas. Tetapi dalam kondisi tertentu, intensitas turunnya hujan bisa mendadak datang dan memicu gangguan tubuh pada tubuh kita. Ditambah jenis makanan yang kerap dikonsumsi tergolong kurang sehat dan tergolong kurang bersih dari segi pengolahan, maupun penyajian. Dalam daftar direktori penyakit sendiri, sangat beragam jenis penyakit yang dipicu oleh keadaan tersebut.

Ingat, makanan dan minuman yang kita konsumsi dalam tubuh menjadi salah satu kunci dari kestabilan kondisi tubuh. Sehingga saat cuaca buruk, sering turun hujan, disarankan untuk lebih mengatur pola makan, serta selalu menjaga kebersihan.

Read More

Penyakit dan Gangguan Kesehatan Akibat Memasuki Musim Tertentu

Beberapa penyakit, serta gangguan kesehatan di bawah ini lebih mudah menyerang saat musim hujan atau musim pancaroba datang.

1. DBD

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang menyumbang angka kematian penduduk terbanyak di Indonesia. Demam ini disebabkan oleh gigitan nyamuk yang mana mudah tumbuh dan berkembang biak di Indonesia.

Memasuki musim panas, maupun hujan, keberadaan nyamuk ini bisa berkali-kali lipat. Sehingga jumlah pasien yang terkena DBD akan meningkat. Gejala DBD diantaranya demam tinggi, muntah, diare atau sembelit, dan muncul bintik merah.

2. Tifus

Dengan gejala serupa, tifus pun menjadi penyakit yang mudah menyerang saat musim tertentu, khususnya musim hujan yang membuat daya tahan tubuh lebih mudah menurun. Tifus atau sering disebut tipes adalah penyakit yang diakibatkan infeksi virus. Virus ini mudah mengenai permukaan benda atau tercampur dalam olahan makanan yang diolah kurang bersih.

3. Diare

Berikutnya, penyakit pencernaan yaitu diare. Gejalanya berupa rasa nyeri pada perut diikuti buang air besar yang terjadi lebih dari dua kali dalam sehari. Selain itu bentuk feses juga menjadi lebih lembek atau bahkan cair. Gejala penyakit ini bisa diikuti dengan kondisi tubuh yang lemas, muntah-muntah, sakit kepala, hingga demam.

4. Gatal dan Ruam pada Kulit

Penyakit musiman lainnya ialah gatal-gatal atau munculnya ruam pada kulit. Penyakit ini dirasakan oleh mereka yang memiliki alergi terhadap cuaca tertentu seperti alergi dingin. Selain itu juga sering dirasakan oleh mereka yang memiliki gangguan autoimun.

5. Flu dan Batuk

Flu dan batuk memang menjadi penyakit, sekaligus gejala yang sudah langganan dirasakan sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun sebenarnya kedua penyakit ini bisa dicegah sesuai informasi dalam direktori penyakit dengan penerapan gaya hidup sehat dan terus menjaga kebersihan di mana pun, serta kapan pun.

Sebab virus yang mengenai saluran pernapasan sebagai area utama dari terjadinya flu batuk biasanya mudah terkena dan menempel pada benda, juga pada wajah atau badan kita.

6. Sakit Tenggorokan

Gangguan pada saluran pernapasan termasuk pula dengan gejala sakit tenggorokan yang sering disebut ‘panas dalam’. Penyakit ini juga disebabkan adanya infeksi virus atau bakteri. Sakit tenggorokan sendiri umumnya merupakan sebuah gejala yang bisa menggambarkan penyakit lain. Seperti flu, batuk, hingga virus berbahaya seperti covid-19.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *