Kenali 5 Standar Muatan Truk Sebelum Beroperasi

  • Whatsapp
Kenali-5-Standar-Muatan-Truk-Sebelum-Beroperasi
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Mengetahui kapasitas muatan dari angkutan barang dapat membantu Anda saat akan mengirimkan material. Selain mengamankan barang atau material yang akan dibawa, Anda juga bisa terhindar dari pemeriksaan polisi. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai standar muatan truk yang bisa Anda pahami.

1. Truk Pick Up

Merupakan jenis truk yang paling dan sering ditemui di Indonesia. Pasalnya, truk ini bisa dipakai ke dalam gang-gang atau jalan sempit. Truk satu ini merupakan jenis truk yang kecil di antara truk-truk pengangkut barang lainnya. Truk jenis ini hanya memiliki jumlah 2 sumbu dan 4 roda saja. Biasanya truk jenis ini sering disebut dengan merek dagangnya.

Read More

Misalnya, pick up Suzuki Carry, Daihatsu Grandmax, dan Mobil Colt atau keluaran dari Mitsubishi Colt. Pada umumnya, truk ini memiliki panjang antara 2 sampai 3 meter. Lebarnya berkisar 1 sampai 1,8 meter. Sedangkan tingginya bisa mencapai 1 sampai 1,8 meter. Anda tidak perlu khawatir terhadap muatannya, karena kapasitas dari jenis truk ini bisa mencapai 3 ton.

2. Truk Colt Diesel Engkel (CDE)

Berikutnya ada jenis turk ini. Truk jenis ini hampir sama dengan truk jenis sebelumnya. Namun bedanya, terletak pada kapasitasnya. Jika truk sebelumnya bermuatan bisa mencapai 3 ton, maka truk jenis ini bisa mencapai 2 ton saja. Truk yang terkenal dengan sebutan truk engkel ini memiliki panjang ukuran bak truk ini 3 sampai 4 meter, lebarnya antara 1 sampai 2 meter, sedangkan tingginya mencapai 2 meter.

3. Truk Colt Diesel Double (CDD)

Serupa tapi hampir tidak sama bisa disematkan pada truk jenis ini. Truk jenis ini memiliki jumlah sumbu ada 2 dan jumlah roda ada 6. Masyarakat lebih mengenal truk ini dengan sebutan truk canter. Kapasitas dari truk ini bisa mencapai 4 ton, yaitu dua kali lipat dari truk engkel. Selain itu, truk ini juga bisa membawa muatan yang lebih banyak karena dapat dimodifikasi menjadi truk CDD Long.

4. Truk Tronton

Selanjutnya ada truk tronton. Truk yang terkenal dengan ukuran lebih besar ini memiliki 3 sumbu satu didepan dan tandem di belakang dengan jumlah roda biasanya ada 10 dan konfigurasi roda 2 – 4 – 4. Pada umumnya truk jenis ini dimodifikasi untuk kebutuhan lainnya. Misalnya menjadi truk tangki, truk sampah maupun truk dump. Hal ini adanya fasilitas hidrolik yang dapat menjatuhkan muatan dengan mudah.

Kapasitas dari jenis truk tronton ini bisa mencapai 30 ton. Panjang baknya berkisar antara 7 sampai 9 meter dengan lebar 2-2 sampai 2,5 meter sedangkan tingginya bisa mencapai 2,5 meter. Oleh karena itu, truk jenis ini banyak digemari para pelaku bisnis karena bisa membawa material atau barang yang banyak dan harganya yang terbilang cukup murah.

5. Truk Trailer

Truk yang paling bisa diandalkan dengan membawa muatan berat adalah truk trailer. Truk jenis ini memiliki daya angkut sangat kuat hingga mencapai 60 Ton. Hal ini dikarenakan truk jenis didesain sebagai kargo untuk pengiriman alat dan kendaraan berat.

Pada umumnya truk jenis ini disandingkan dengan kontainer sebagai tempat penyimpanan. Jenis truk ini memiliki 3 macam, yaitu truk dengan container 20 feet, container 40 feet dan container high cube. Sedangkan menurut tipenya truk dengan kontainer ini ada 2, yaitu container dry dan container reefer.

Itulah beberapa informasi mengenai standar muatan truk. Apabila ingin memodifikasi truk, Anda harus menyesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan. Jika tidak, hal yang tidak diinginkan bisa terjadi pada pertengahan perjalanan. Oleh karena itu, perhatikan keselamatan dalam berkendara.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *