Singkat dan Praktis, Begini Cara Mengisi Sensus Penduduk Online 2020

  • Whatsapp
Singkat-dan-Praktis-Begini-Cara-Mengisi-Sensus-Penduduk-Online-2020
Foto dari Canva Pro

Tak terasa, batas waktu pengisian sensus penduduk online sudah mendekati batas akhirnya. Agenda sensus penduduk secara online ini sudah dibuka oleh Badan Pusat Statistika (BPS) sejak tanggal 15 Februari dan akan berakhir di tanggal 29 Mei. Cara mengisi Sensus Penduduk Online ini pun terbilang praktis dan hanya butuh waktu tak lebih dari 10 menit.

Apa Itu Sensus Penduduk 2020?

Sensus penduduk merupakan agenda rutin BPS yang dilakukan setiap 10 tahun sekali. Sensus ini dilakukan untuk menghitung jumlah penduduk secara periodik. Nantinya, hasil sensus tak hanya berupa jumlah orang saja, melainkan juga terkait jenis kelamin, bahasa, usia, dan info lainnya yang dianggap perlu.

Read More

Manfaat Mengisi Sensus Penduduk 2020

Sebagai warga negara Indonesia, Anda diwajibkan untuk mengisi sensus penduduk. Dari data yang Anda dan keseluruhan warga negara isikan, maka pemerintah bisa mendapatkan jumlah jumlah penduduk berdasarkan domisilinya.  Nah, data ini nantinya akan berguna bagi pemerintah untuk menyusun beragam program kependudukan dan sosial.

Cara Mengisi Data Sensus Penduduk 2020

Pengisian data di sensus penduduk 2020 terbilang sangat mudah dan tak memakan waktu lama. Sebelum memulai, siapkan dulu KTP, KK, serta buku nikah atau buku cerai, karena nantinya datanya butuh diinput. Setelah dokumen penting disiapkan, Anda bisa langsung mengakses laman sensus.bps.go.id. Pilih bahasa di laman tersebut, lalu isikan NIK dan nomor KK.

Kemudian, isikan captcha yang tampak di bawah nomor KK, lalu klik ‘Cek Keberadaan’. Selanjutnya, buat kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan. Setelah kata sandi dibuat, Anda bisa login kembali dengan menggunakan kata sandi tersebut.

Saat sudah login, Anda bisa klik tombol ‘Mulai Mengisi’. Pada bagian ini, isikan semua data yang diminta dengan benar dan jujur. Setelah semua data untuk setiap anggota keluarga diisikan, Anda bisa klik tombol ‘Kirim’ dan ‘Unduh’ bukti pengisian sensus penduduk 2020 online.

Bagaimana Jika Melewatkan Sensus Penduduk Online 2020?

Pelaksanaan sensus penduduk 2020 dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu online dan offline. Jika misalnya warga mengalami kendala dalam pengisian sensus penduduk online, maka data akan dikumpulkan secara offline. Pihak BPS akan mendatangi setiap rumah untuk melakukan wawancara, yang rencananya akan dilangsungkan pada tanggal 1 hingga 30 September.

Berhubung waktunya sudah semakin mepet, segeralah Anda mengisi data untuk Sensus Penduduk online 2020. Cara mengisi Sensus Penduduk online ini terbilang praktis, hanya sekitar 5 menit untuk setiap anggota keluarga. Isikan data dengan jujur, agar nantinya memberi pertimbangan positif juga bagi setiap kebijakan yang diambil pemerintah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *